- pengetahuan
Headlines News :

Template information

gambar

Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Pengikut

Facebook Share

Cari Blog Ini

Memuat...
Home » »

Written By kiki stonencool on Minggu, 07 Oktober 2012 | 08.45



          Hai . . pemirsa Pengetahuanku . . Disaat yang berbahagia ini, Pengetahuanku akan membahas beberapa fakta tentang gunung berapi. Mau tahu seperti apa? Mari kita cari tahu di : ' Pengetahuanku | Pusat Dari Semua Pengetahuan '.


7 Fakta tentang gunung berapi


          Gunung berapi atau gunung api secara umum adalah istilah yang dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus.
          Pada post kali ini, Pengetahuanku akan membahas ' 7 Fakta tentang gunung berapi '. Apa sajakah itu?


Fakta tentang gunung berapi
" Sumber bencana terbesar di dunia "


          Gunung berapi juga bisa menyebabkan bencana akibat letusannya. Banyak bencana yang dapat ditimbulkan oleh letusan gunung berapi. Antara lain :

  1. Gas beracun.
  2. Aliran lava.
  3. Aliran lumpur.
  4. Kebakaran hutan.
  5. Gempa bumi.
  6. Gelombang tsunami.
          Ke-6 bencana tersebut dapat membahayakan manusia, hewan bahkan tumbuhan. Oleh karena itu gunung berapi disebut sebagai ' sumber bencana terbesar di dunia '.

Fakta tentang gunung berapi
" Sumber penghasil Atmosphere "


          Disamping bahaya yang ditimbulkan gunung berapi, ternyata gunung berapi juga merupakan penghasil Atmosphere. Atmosphere yang ada di bumi ini, telah tercipta sejak puluhan juta tahun yang lalu. Meskipun para ahli belum mengetahui penyebab pasti munculnya Atmosphere, tapi dugaan menuju kepada emisi gunung berapi.
          Puluhan juta tahun yang lalu, terdapat ribuan gunung berapi di bumi. Mereka meletus secara bergiliran.  Dari letusan tersebut, terdapat emisi gas gunung berapi. Emisi gas letusan gunung berapi tersebut mengandung hidrogen, karbon monoksida, halocarbons, senyawa organik, dan klorida logam. Sedangkan oksigen dan karbondioksida di Atmosphere mungkin berasal dari makhluk hidup bumi. Semua bahan tersebut merupakan bahan-bahan yang terkandung dalam Atmosphere saat ini. Akan tetapi para ilmuwan belum memastikan bahwa hal tersebut benar.

Fakta tentang gunung berapi
" Letusan gunung berapi terbesar di dunia - Letusan gunung Toba "



Ilustrasi letusan gunung Toba
Ilustrasi letusan gunung Toba
          Letusan gunung Toba, termasuk dalam letusan gunung berapi terbesar di dunia. Gunung Toba merupakan gunung berapi yang terletak di Pulau Sumatera, Pulau Samosir, Indonesia.
          Gunung ini diperkirakan meletus 70.000 - 74.000 tahun yang lalu. Letusan ini tidak hanya menghasilkan kubangan besar yang sekarang disebut danau Toba, akan tetapi juga menyebabkan perubahan dunia hingga saat ini. Arkeolog menyebut erupsi tersebut sebagai supereruption. Menurut para arkeolog dan antropolog, letusan gunung Toba menyebabkan perubahan dunia atau konsekuensi global. Letusan gunung Toba juga menyebabkan pembunuhan makhluk hidup cukup dahsyat dan juga menghambat perkembangan populasi makhluk hidup.

Fakta tentang gunung berapi
" Letusan gunung berapi paling membunuh di dunia - Letusan gunung Tambora "



Lokasi gunung Tambora - Courtessy of Wikipedia
Lokasi Gunung Tambora - Courtessy of Wikipedia
          Gunung Tambora, adalah stratovolcano aktif yang terletak di pulau Sumbawa, Indonesia. Gunung Tambora pernah menjadi puncak tertinggi di nusantara dan sempat mengeringkan dapur magma gunung tersebut dan perlu waktu 1 abad untuk memulihkan kembali dapur magma gunung itu.
          Aktivitas gunung ini memuncak pada bulan April 1815. Letusan Tambora tahun 1815 itu meyebabkan 71.000 orang tewas baik secara langsung maupun tidak langsung. Ketinggian dari asap letusan gunung ini sekitar 43 km. Letusan Tambora juga menjadi letusan gunung berapi yang berdampak bagi dunia. Letusan ini membawa perubahan bagi musim di bumi bagian utara sebesar -0,5. Dampaknya terasa pada tahun 1816, pada tahun itu, di bagian utara bumi tidak mengalami musim panas. Bagian yang mengalami hal tersebut antara lain Benua Amerika Utara dan Benua Eropa. Tahun itu pun disebut dengan ' Year Without a Summer ( Tahun Tanpa Musim Panas )'. Pada tahun itu juga terjadi fenomena ' musim dingin vulkanik ' yang juga disebabkan dampak letusan gunung Tambora.
          Letusan gunung ini termasuk dalam golongan paling tinggi sama seperti letusan Hatepe ( Taupo ) pada tahun 51.

Fakta tentang gunung berapi
" Salah satu penyebab pemanasan global "


          Pemanasan global ternyata juga disebabkan oleh letusan gunung berapi. Gas vukanik yang dihasilkan gunung juga mengandung Co2 aau karbondioksida. Co2 merupakan salah satu penyebab pemanasan global dan dapat membahayakan pernapasan manusia.
         Memang sangat tidak mungkin untuk mencegah pemanasan global yang disebabkan gunung berapi. Akan tetapi ada cara yang aneh untuk mengatasi hal ini. Yaitu menanam tumbuhan. Tumbuhan sudah dipastikan dapat menangani Co2.

Fakta tentang gunung berapi
" Supervolcano "



Letusan Supervolcano
Letusan Supervolcano


          Supervolcano adalah gunung berapi yang sangat besar yang apabila meletus dapat menghancurkan tempat yang besar bahkan sebuah benua. Letusan tersebut dapat menyebabkan pendinginan global selama bertahun-tahun akibat besarnya volume sulfur dan abu vulkanik.
          Contoh dari Supervolcano adalah kaldera Yellowstone di Taman Nasional Yellowstone dan Kaldera Valles di New Mexico. Salah satu hasil dari Supervolcano adalah danau Toba.

Fakta tentang gunung berapi
" Olympus Mons - Gunung api tertinggi di alam semesta "




Olympus Mons
Olympus Mons
          Olympus Mons, adalah gunung api tertinggi yang pernah diketahui manusia. Gunung ini terletak di planet Mars. Gunung ini memiliki tinggi 22 km di atas dataran Mars. 2 kali lebih tinggi daripada gunung Mauna Kea, gunung tertinggi di Bumi. Gunung ini termasuk jenis supervolcano dan diameter gunung ini kurang lebih sebesar ukuran kawah Arizona.


Post ini di bahasa lain :



Terima kasih kepada :

id.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Comment